Ada Apa Dengan Marc Marquez ?

0
Marc Marquez

Gpcorner.com – Bro, usai comeback dari cedera panjang di GP Portugal hingga sekarang Marc Marquez belum menunjukan performa terbaiknya. Marquez hanya baru mengolek 16 poin dan berada di posisi ke-17 pada klasemen sementara. Lalu apa yang sebenarnya terjadi dengan Marc Marquez ?

Bicara soal fisik, jelas fisik Marquez belum 100%. Apalagi saat sesi balapan tentu saja sangat melelahkan bagi Marquez. Tapi yang menarik disini adalah, pendekatan Marquez pada motornya bro. Seperti kita tahu berkali-kali Marquez terjatuh di free practice dalam 3 balapan terakhir dan puncaknya saat Marquez terjatuh dua kali saat race MotoGP Prancis

Lalau yang jadi pertanyaan, apa yang salah pada Marquez ?

Adaptasi Marquez dengan ban Michelin atau memang ada masalah serius dengan RC213V ?

Mingkin jawaban diatas bisa jadi benar, mungkin juga salah bro….namanya juga opini 😁 Namun kalau kita perhatikan bukan cuma Marc Marquez saja, pembalap Honda yang lain juga berkali-kali mengalami crash seperti Alex Marquez , Nakagami dan Pol Espargaro.

Marc Marquez

Kembali soal ban, hingga MotoGP Prancis setidaknya ada 3 pabrikan yang belum menunjukan performa terbaiknya yakni Suzuki, KTM dan tentu saja Honda. Hingga saat ini Suzuki baru menyumbang 1 podium sementara KTM jauh lebih buruk. Musim lalu KTM tampil mengesankan namun musim ini mereka belum menunjukan taringnya. Miguel Oliveira beberapa kali bilang mengalami masalah dengan ban, khususnya ban depan.

Yaap, musim ini Michelin memang membuat perubahan besar pada alokasi ban depan. Kabarnya Michelin merasionalisasi dengan menghilangkan beberapa pilihan ban depan yang jarang dipakai pada musim 2020 dan menggantinya dengan ban asimetris baru yang dirancang mampu mengoptimalkan keduanya. Intinya bro, misalkan ada dua pilihan ban depan pada tahun 2020, otomatis setiap ban memiliki fungsi yang berbeda. Namun pada tahun 2021 Michelin menggabungkan dua fungsi ban tersebut dengan hanya dibuat satu ban saja.

Oleh sebab itu banyak pembalap dan pabrikan terpengaruh dengan hal ini, dan yang paling jelas adalah KTM, Honda dan Suzuki. Jadi selain karena belum pulih 100%, faktor motor dan ban bisa jadi mempengaruhi performa Marc Marquez sehinggal terkesan ‘lambat’ untuk kembali bersaing memperebutkan podium. Balik lagi ini hanya opini gpcorner bro dengan sedikit analisa. Bisa salah, bisa juga benar….

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here